Daru Dewayanto

30 Detik Check-Up, Anda Leader Atau Bos?

 Apakah Anda pemilik bisnis atau pimpinan sebuah perusahaan, seperti CEO atau Direktur Utama, Anda perlu mengikuti check-up dibawah ini untuk memeriksa apakah Anda adalah seorang Leader atau Bos.

Jawab pertanyaan dibawah ini dengan YA atau TIDAK.

  • Apakah Anda setiap akhir bulan selalu memanggil team sales Anda, untuk menanyakan apa mereka berhasil mencapai targetnya?
  • Apakah Anda memberlakukan Reward & Punishment atas pencapaian team, termasuk pada bagian Sales & Marketing?
  • Apakah Anda suka membagi tugas ke team, dan berharap mereka akan menyelesaikan tugas tersebut sesuai yang Anda inginkan?

Apabila Anda menjawab 3 pertanyaan diatas semua dengan YA, maka ada kemungkinan, selama ini  Anda lebih menjadi Bos, daripada Leader.

Lalu apa sih bedanya Leader dan Bos?

Perbedaan nyatanya adalah:

Hanya dengan menjadi seorang Leader lah Anda akan dapat menyelesaikan permasalahan terbesar dalam bisnis.

Berdasarkan riset, hampir 70% permasalahan dalam bisnis adalah tentang “people” atau karyawan yang bekerja di perusahaan. Bukan produk atau investasi, bukan pula inovasi. Melaikan people yang bekerja diperusahaan Anda.

Dan semua permasalahan tentang people akan dapat diselesaikan oleh seorang Leader, dengan leadership. Bukan oleh seorang Bos.

Seorang Leader tidak hanya meminta team sales untuk melaporkan pencapaian mereka pada akhir bulan. Namun seorang Leader akan secara berkala melakukan monitoring kepada team, tanpa menunggu akhir bulan. Monitoring pun tidak sekedar terhadap pencapaian target, namun juga perilaku dan kinerja masing-masing team.

Seorang Leader tidak hanya mementingkan pencapaian target, namun yang utama adalah perilaku dan proses yang dilakukan oleh team, dan memberikan Reward & Punishment terhadap perilaku dan proses daripada pencapaian semata.

Seorang Leader tidak hanya membagi tugas lalu berharap semua dijalankan dengan baik oleh team, namun turun untuk membimbing dan mendapingi secara langsung.

Hijrah Coach sebagai Business Coaching firm memiliki kompetensi utama untuk mendampingi Anda, pemilik bisnis dan executive, menjadi seorang Leader yang hAndal. Dengan fokus menggali potensi terbaik Anda, sehingga Anda tidak hanya dapat sukses dalam bisnis saja, namun sukses menjadi orang yang bertumbuh lebih baik.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *