Daru Dewayanto

Menciptakan Niche Marketing

Menciptakan Niche Marketing

Bismillah…

Anda mungkin sudah sering mendengarkan kata “Segment”. Segment market adalah pasar yang ingin kita “masuki”. Sedangkan Niche market adalah segment yang ingin kita “menangkan”. Nah, Niche Marketing adalah cara untuk mengkomunikasikan keunikan dan keunggulan produk atau jasa kita ke pasar yang lebih spesifik (ceruk) yang ingin kita menangkan.

Pasar ini dapat kita menangkan karena pada “area” ini, belom ada kompetitor yang spesial menggarapnya. Nah, ketika kita bisa dengan teliti mengetahui siapa mereka, tentu saja kita bisa menciptakan produk atau layanan yang unik yang khusus untuk mereka, dimana belom ada kompetitor yang melakukannya. Dengan ini dapat mengontrol pasar sehingga kita tidak perlu bersaing pada harga.

Kita harus upayakan bahwa diterimanya produk kita oleh konsumen bukanlah karena harga yang kita tawarkan, tetapi karena produk kita memang unik dan dibutuhkan oleh mereka.

Ada beberapa area yang mempengaruhi keberhasilan Niche Marketing:

  1. Mengkomunikasikan Keunikan & Keunggulan Produk.

Keunikan dan keunggulan produk anda adalah “Hot Button” untuk menarik hati calon customer anda. Untuk itu wajib hukumnya anda komunikasikan hal ini sehingga calon customer anda tertarik.

Citilink, anak perusahaan Garuda, berhasil mengembangkan mereknya sendiri, dengan fokusnya pada tiket berbiaya rendah. Citilink memasuki pasar ceruk (niche market) yang sudah diisi oleh Air Asia, Lion Air dan Mandala. Merek Citilink menjadi pilihan pelanggan karena pelayanannya, jarang sekali melakukan penundaan penerbangan, serta harga yang flat untuk setiap tiket. Citilink menargetkan dapat menguasai 30 persen pangsa pasar penerbangan di tanah air dari saat ini yang baru mencapai 13 persen.

  1. Menggunakan “bahasa dan penampilan” yang di sukai Niche Market anda.

Cara berkomunikasi yang tepat adalah cara berkomunikasi yang sesuai dengan target customer kita. Pemahaman yang mendalam akan profile dan karakter market akan membuat anda semakin cermat dalam menggunakan bahasa serta penampilan yang target customer anda sukai.

  1. Positioning Product

Samsung menciptakan produk-produk elektronik untuk kebutuhan rumah tangga dengan kualitas premium. Harga yang ditawarkan adalah harga premium tetapi para pelanggan sangat puas dengan kualitas yang Samsung tawarkan.

Perusahaan mobil mewah seperti BMW, Audi, Mercedes selalu menawarkan teknologi terbaru untuk menjual produk-produknya, di mana walaupun jumlah pelanggan sangat terbatas tetapi sangatlah setia. Bahkan teknologi yang mereka ciptakan di tahun selanjutnya menjadi standar kualitas bagi perkembangan industri mobil pada umumnya.

Cari tahu bagaimana saya dapat membantu pemilik bisnis untuk meningkatkan omsetnya dua kali lipat dalam waktu 6 bulan di www.HijrahCoach.co.id.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *